Pencipta Linux

220px-Linus_Torvalds

Siapakah pencipta Linux ?. Nah, mungkin itu selalu yang muncul di benakmu. Sebenarnya pencipta Linux adalah pria yang memiliki nama lengkap Linus Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. Dalam usia 10 tahun, Linus mulai berkecimpung di dalam pemograman komputer, dengan menggunakan komputer milik kakeknya, yaitu Commodore VIC-20. Pada tahun 1988 Linus diterima menjadi mahasiswa di University of Helsinki, Finlandia.

Pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus membeli PC pertamanya, dan dia tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya yang menggunakan MS-DOS (Disk Operation System, sistem operasi buatan Microsoft). Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX, seperti yang digunakan pada komputer milik unversitasnya. Akhirnya, dia memutuskan untuk menciptakan versi yang bisa digunakan unuk PC dari UNIX. Kerja keras selama berbulan-bulan menghasilkan cikal bakal dari sistem operasi yang dikenal sebagai Linux.

Ketika mulai diperkenalkan, sistem operasi Linux tidak mempunyai logo. Para pengembang pun bertanya-tanya dan mengusulkan agar Linux diberi logo sebagai identitasnya. Kemudian terpilihlah penguin Tux (Torvalds Unix) sebagai logonya. Logo itu dirancang oleh seniman Larry Ewing.

NewTux.svgTerpilihnya logo penguin berdasarkan pengalaman Linus pada waktu berlibur, ia pergi ke daerah selatan. Disana dia bertemu seekor penguin pendek yang menggigit jarinya. Kejadian lucu ini merupakan awal terpilihnya penguin sebagai logo sistem operasi ciptaannya. Hingga sekarang, logo Linux sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Orang lebih mudah mengenal segala produk yang berbau Linux hanya dengan melihat logo yang unik nan lucu ini.

Perkembangan linux tidak terlepas dari dukungan GNU sehingga software/program gratis atau opensource banyak tersedia di sistem linux. GNU diperjuangkan oleh Richard Stallman. Stallman dan Linux Torvalds telah  berjasa banyak sekali bagi dunia teknologi.

6 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s