Microsoft Janjikan Start Menu Hadir di Windows 8.1!

Tombol Start  telah lama  hadir di Windows 8.1. Namun siapa sangka, tombol yang begitu ikonik sejak Windows 95 itu membawa kekecewaan sebagian penggunanya. Bukan Start menu yang muncul ketika diklik, tombol tersebut malah membawa pengguna ke tampilan Live Tile yang berkotak-kotak ala Modern UI.

start

Microsoft pun menyadari, kehadiran tombol Start tak begitu membawa manfaat berarti, khususnya bagi pengguna perangkat Windows 8 non-layar sentuh. Akhirnya, Microsoft berjanji akan mengembalikan Start menu sekaligus tombolnya (dengan logo Windows 8), seperti yang ada di Windows XP dan 7.

Janji tersebut diungkapkan langsung oleh kepala sistem operasi Microsoft, Terry Myerson dalam ajang konferensi pengembang BUILD pada 2-4 April lalu di San Francisco. Ada dua update tampilan antarmuka yang bakal segera direalisasikan, yakni Start menu dan tampilan aplikasi ala Modern UI (dulunya bernama Metro UI) bisa dibuka melalui desktop.

“Kami akan membuat ini tersedia untuk semua pengguna Windows 8.1 sebagai update,” kata Myerson yang tidak menyebutkan, kapan perilisan update Windows 8.1 itu segera hadir, seperti dikutip dari Computer World. Belum pasti juga, fitur tersebut hadir dalam perilisan Windows 8.1 Update pada 8 April besok.

Keputusan Microsoft mengembalikan Start menu tradisional pun atas desakan investor dan kritikan pengguna Windows. Hal ini juga yang kemudian, membuat sebagian pemilik PC masih bertahan gunakan Windows 7 maupun XP karena masalah antarmuka pengguna.

“Selalu sulit menemukan keseimbangan yang tepat ketika berbagi rencana masa depan, karena beberapa bagian bisa saja berubah. Namun, kami sebagai industri dan perusahan, Windows berada di tengah-tengah transformasi yang cukup besar dalam cara kita membangunnya dan memberikan inovasi kepada pelanggan, mitra, dan pengembang,” ungkap bos Windows tersebut.

 

SUMBER: JagatReview.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s