Basuki: Soal Teori, Anak Indonesia Lebih Baik dari Anak Amerika

Kurnia Sari Aziza Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akhirnya kembali beraktivitas pasca sepekan absen karena sakit radang tenggorokan. Basuki mulai bekerja kembali pada Senin (21/4/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai, saat ini pola pengajaran di Indonesia hanya mengacu agar bagaimana anak didik paham dan mengerti teori. Namun belum sampai pada penekanan sikap disiplin dan peningkatan rasa percaya diri.

Akibatnya, kata dia, kebanyakan anak didik di Indonesia hanya paham pada penguasaan teori. Bahkan, penguasaan materi anak didik di Indonesia lebih baik dibandingkan anak-anak didik yang ada di negara maju.

“Anak-anak Amerika dan Australia itu matematikanya kalah dari anak-anak kita kalau dari teori. Tapi kalau kedisiplinan dan ketahanan hidup, mereka lebih bagus. Karena dari kecil mereka sudah diajarkan kepercayaan diri. Dari kecil-kecil sudah presentasi di depan,” kata Basuki usai menghadiri peringatan Hari Pendidikan Nasional, di kawasan Tugu Monas, Jumat (2/5/2014).

Karena itulah, Basuki mendukung penerapan kurikulum 2013, yang mengedepankan interaksi antara guru dengan murid. Ia yakin, bila kurikulum tersebut bisa berjalan dengan lancar, ke depannya tak perlu ada lagi warga Indonesia yang harus menimba sekolah ke luar negeri.

“Saat ini kita tidak bisa menaksa orang kalau mereka mau sekolah ke luar negeri karena itu hak masing-masing orang. Karena itu kita mesti usahakan bagaimana agar standar pendidikan kita bisa lebih baik. Itu yang utama,” tukas pria yang akrab disapa Ahok itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s