Tugas 6 – Arsitektur Aplikasi Basis Data

1. Jelaskan secara singkat definisi DBMS, RDBMS dan perbedaan keduanya

  • Database Management System ( DBMS ) adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.
  • Relational Database Management System (RDBMS) adalah seperangkat program komputer yang dirancang untuk mengatur/memanajemen sebuah basis data sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya.
  • Perbedaan antara RDBMS dan DBMS yaitu, RDBMS  adalah arsitektur database yang tabel-tabelnya mempunyai hubungan atau relationship satu sama lain. Hubungan disini menggunakan key pada masing-masing tabel. Sedangkan kebalikannya, DBMS tidak harus membutuhkan hubungan antar tabel di dalamnya.

2. Sebutkan berbagai jenis perangkat lunak RDBMS baik bersifat Komersil dan Open Source

Perangkat lunak RDBMS antara lain:

  • MySQL adalah sebuah Data Base Management System yang dapat digunakan secara gratis.
  • Microsoft SQL Server adalah sebuah Relationship Database Management System (RDBMS) produk Microsoft.
  • Firebird adalah sistem Relationship Database Management System yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003.
  • Oracle adalah Relationship Database Management System yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS.

3. Jelaskan secara singkat perbedaan antara DBMS, CDBMS dan Paralel Database

  • Center Database Management System (CDBMS)

Pada sistem ini semua proses utama dan fungsi sistem manajemen basis data sepert user application programs dan user interface programs berada secara terpusat di satu komputer berkecepatan dan kapasitas tinggi (main frame). pengguna mengakses basis data menggunakan terminal komputer.

  • Distributed Database Management System (DDBMS)

Pada sistem ini data disimpan pada beberapa tempat (site), setiap tempat diatur dengan suatu DBMS yang dapat berjalan secara independent. Perangkat lunak dalam sistem ini akan mengatur pendistribusian data secara transparan.

  • Paralel Database

Dalam Sistem manajemen basis data ini menggunakan beberapa prosesor dan disk yang dirancang untuk dijalankan secara paralel dan simultan. sistem ini digunakan untuk memperbaiki kinerja dari DBMS

4. Jelaskan secara singkat istilah-istilah berikut:

  • Back-End

Database yang diakses oleh pengguna secara tidak langsung melalui aplikasi luar ketimbang dengan pemrograman aplikasi yang tersimpan dalam database itu sendiri atau dengan manipulasi rendah tingkat data.

  • Front End

aplikasi yang digunakan untuk mempublikasikan data dan menampilkannya untuk dapat dibaca oleh pengunjung atau pengguna aplikasi.

  • ODBC dan level dalam aplikasi DBMS

sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data atau Protokol Standard yang dapat menghubungkan segala jenis Database Eksternal Server atau File Eksternal Server.

Level dalam aplikasi DBMS, Level ini berguna untuk menyembunyikan detail atau kompleksitasnya basis data seperti bagaimana data disimpan dan diolah. Sehingga pengguna hanya melihat tampilan yang dibutuhkan oleh pengguna.

– Level fisik

Level fisik merupakan level yang paling bawah. Pada level ini memperlihatkan bagaimana sesungguhnya data disimpan.

– Level Konseptual

Level ini menggambarkan bagaimana sebenarnya basis dta disimpan dan berhubungan dengan data lainnya

– Level View

Level abstaraksi ini hanya menunjukkan sebagian dari basis data.  Pada umumnya pengguna tidak melibatkan secara langsung sehingga pengguna hanya melihat data sesuai dengan yang dibutuhkan

 

SUMBER: Dirangkum dari berbagai Sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s