Perpustakaan Unsyiah, Pustaka dengan suasana yang berbeda!

unsyiah rumahsinau.org

Perpustakaan Unsyiah “More Than Just a Library”.

Siapa bilang pergi ke perpustakaan membosankan? di Perpustakaan Universitas Syiah Kuala ( Unsyiah ) kalian akan disuguhkan oleh berbagai macam pelayanan yang membuat kalian nyaman untuk dapat duduk berjam-jam tanpa merasakan bosan sedikit pun. Perpustakaan ini sendiri didirikan pada tahun 1970 di gedung Fakultas Ekonomi dan berubah status menjadi Unit Pelayanan Teknis (UPT) pada tahun 1980. Baru pada tahun 1994 perpustakaan ini memiliki gedung sendiri yang berdampingan dengan Kantor Pusat Administrasi ( KPA ) Unsyiah.

Tampak luarnya memang tidak terlalu berbeda dengan perpustakaan-perpustakaan lainnya, namun didalam perpustakaan ini terdapat suasana yang berbeda yang membuatnya menjadi incaran oleh mahasiswa.

Berikut beberapa inovasi yang telah dibuat oleh Pustaka Unsyiah:

1. Libri Cafe

Bagi kalian penikmat kopi tak perlu binggung lagi, kalian bisa langsung pergi menuju ke lantai 1 Pustaka Unsyiah, dimana kalian akan menemukan sebuah warung kopi bernama Libri Cafe. Dengan suasana yang trendy dan sesuai dengan style mahasiswa, dijamin kalian akan betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu disini.

libri_cafe

Mahasiswa sedang asik berchit-chat di Libri Cafe.

2. Relax and Easy

Relax and Easy, seperti namanya ini merupakan tempat dimana mahasiswa dapat menyalurkan bakat yang dimilikinya. Agenda rutin ini sendiri dilaksanakan setiap hari Rabu dari pukul 14.00 WIB. Relax and Easy yang dulunya berada di lantai 2 kini telah dipindahkan ke lantai 1 tepat di Libri Cafe dan sekarang sudah memiliki panggung sendiri dan juga konsep yang baru.

16936793_611858762332444_7959515736060198912_n

Penampilan dari mahasiswa Unsyiah di acara Relax and Easy.

3. Korea Corner

Bagi kalian penggemar negeri gingseng bisa langsung menuju ke lantai 3. Di lantai ini kalian akan menjumpai Korea Corner. Disitu kalian bisa langsung melihat berbagai alat musik tradisional yang berasal dari korea tersebut. Terdapat pula baju tradisional korea yaitu Hanbook yang dapat kalian kenakan langsung. Tidak lupa pula DVD drama Korea lengkap tersusun rapi bersama buku-buku sejarah korea ( dalam bahasa korea ) yang dapat langsung kalian baca.

photo0700

Korea Corner yang berada di Lantai 3.

4. Layanan koneksi internet

Untuk menunjang proses perkuliahan dan untuk mencari informasi, Pustaka Unsyiah sudah menyediakan beberapa layanan koneksi internet antara lain meliputi wifi.id, Indihome dan LAN (Local Area Network).

Mahasiswa sedang mencari bahan perkuliahan.

5. Ruang Baca

Disini kalian bisa lebih mudah berdiskusi satu sama lain. Ruangan ini sendiri terpisah antara laki-laki dan perempuan. Namun, bagi yang ingin berdiskusi yang melibatkan laki-laki dan perempuan bisa langsung ke ruang diskusi.

Mahasiswa sedang asik berdiskusi.

Dengan semua inovasi tersebut tentunya, dijamin kalian nggak akan mau pulang dari Pustaka Unsyiah.

Kemampuan membaca itu sebuah rahmat. Kegemaran membaca; sebuah kebahagiaan.
Goenawan Mohamad

 

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s